"ummmh..." Emoticon

Jumat, 08 Oktober 2010

Komodo, Pilihanku!

Apakah kamu sudah memilih komodo sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia?


Di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Ricky Martin/dok. Bobo

Komodo atau Varanus komodoensis , kadal besar yang habitat aslinya di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, masuk dalam 28 keajaiban dunia.

Namun, untuk dapat masuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia yang dikompetisikan melalui voting di situs www.new7wonder.com dan diumumkan pada 11 November 2011 mendatang, komodo mendapat saingan berat.

Menurut Direktur New7Wonder, Jean Paul de la Fuente, Indonesia harus bersaing dengan negara-negara di Timur Tengah, Asia, dan Amerika Latin.

Asal tahu saja nih, pemenang dalam kompetisi ini akan memperoleh hadiah 1 miliar dollar AS. Dan, Indonesia menjadi salah satu calon kuat untuk mendapatkan penghargaan itu, lho!

Taman Nasional Komodo (TNK) lolos ke babak ketiga dan berhasil menyisihkan 440 nominasi dari 220 negara.

Di babak pertama yang berlangsung Desember 2007 hingga 7 Juli 2009 lalu, TNK berhasil lolos sebagai salah satu dari 77 nominasi. Lalu, dari 77 nominator, terpilih 28 kandidat finalis, yang akan diumumkan pada 21 Juli 2010.

Nah, saingan terberat komodo, antara lain Kepulauan Galapagos di Amerika Selatan, Amazon dengan volume air terbesar di dunia, Angel Falls, Maladewa, Jeju Island, sungai bawah tanah Puerto Princessa, Laut Mati, ngarai dan tebing terjal Grand Canyon, serta Gunung Kilimanjaro di Tanzania.

Nah, banyak, ya saingannya. Ayooo dong, pilih komodo sekarang di situs www.new7wonder.com. (OIN/Kompas/Ervina/Kidnesia)