"ummmh..." Emoticon

Sabtu, 09 Oktober 2010

Mawar Hijau

Siapa bilang mawar hanya berwarna merah? Ternyata ada mawar hijau, lho!

Mawar merah memang cantik! Bagaimana kalo ada mawar berwarna hijau? Jadi tanda cinta atau mungkin jadi simbol cinta lingkungan hidup?

(Ternyata mawar tidak hanya berwarna merah, mawar hijau pun ada! Foto: kompas.com)

Ada yang sudah pernah lihat mawar hijau? Nah, mawar ajaib ini bisa kamu jumpai di Kebun Raya Bali, salah satu obyek wisata di kawasan Bedugul, Bali.

Namanya saja mawar hijau, mahkota bunganya pun warna hijau tapi ukurannya lebih kecil. Itulah yang paling membedakan dengan mawar merah. Namun, batang kedua mawar itu hampir sama, bercabang berduri serta daun menyirip.

Mawar hijau adalah salah satu bonus keunikan yang bisa dilihat pengunjung Kebun Raya Bali. Kenapa bonus? Karena bunga ini memang tak terlalu menonjol. Koleksi mawar hijau tersebut bisa ditemui di area koleksi mawar yang tidak jauh dari pintu masuk Kebun Raya Bali.

Dari situs Kompas.com dijelaskan, mawar hijau tersebut baru dikoleksi Kebun Raya Bali dan Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Koleksi yang ada di Kebun Raya Bali merupakan sumbangan seorang kepala desa di Candikuning, Baturiti, Tabanan, daerah dekat Kebun Raya Bali.

Koleksi pertama mawar hijau masuk tahun 1976. Konon, asal tanaman tersebut dari kolektor tanaman bunga di Malang, namun sampai sekarang belum diketahui apakah tanaman tersebut asli dari sana atau didatangkan dari daerah lain.

Mawar hijau ini adalah hasil persilangan dua jenis spesies mawar dan berlangsung alami. Mawar hijau jumlahnya pun masih sedikit. Karena itu tanaman ini akan terus dilestarikan dan dibudidaya. Unik banget yah, si mawar hijau ini! (Annisa/Kidnesia/Kompas.com)